Minggu, 29 September 2013

Perbedaan Ilmu Grafik Komputer dan Pengolahan Citra serta Pemanfaatan dalam Kehidupan Sehari-hari


Sebelum membahas tentang maanfaat ilmu grafik komputer dan pengolahan citra, saya akan menjelaskan pengertianya. Yaitu pengertian grafik yang berbeda dengan citra, citra adalah gambar yang diperoleh dengan alat pengambilan gambar (seperti : mata manusia, kamera, scanner, sensor satelit, dll). Sedangkan grafik adalah gambar yang dibuat dengan cara tertentu.
Perbedaan antara grafik komputer dengan pengolahan citra adalah dalam grafik komputer dilakukan proses untuk menghasilkan suatu gambar dari awal dengan menggunakan komputer. Bentuk sederhana dari grafik computer adalah garfik computer 2D kemudian berkembang menjadi grafik computer 3D, pemrosesan citra / image processing dan pengenalan pola / pattern recognition, contoh : membuat citra realistik untuk seni, game komputer, foto, animasi komputer, dll).
Sedangkan pengolahan citra, gambar di input ke dalam proses pengolah citra / gambar yang sudah tersedia sehingga mudah diinterpretasi oleh manusia atau komputer dengan melakukan transformasi suatu citra menjadi citra baru yang lain.

Berdasarkan tujuan transformasi operasi pengolahan citra dikategorikan sebagai berikut :
·     Perbaikan kualitas citra (image enchacement) tujuan memperbaiki kualitas citra dengan memanipulasi parameter-parameter citra.
·      Pemugaran citra (image restoration) tujuan menghilangkan cacat pada citra. Dengan hal ini penyebab degradasi citra diketahui.
·    Pemampatan citra (image compression) tujuan citra direpresentasikan dalam bentuk lebih kompak, sehingga dapat mempertahankan kualitas gambar dengan memori yang lebih sedikit (misalnya .BMP menjadi .JPEG).
·      Segmentasi citra (image segmentation) tuuan memecah sutu citra ke dalam beberapa segmen dengan suatu criteria tertentu.
·   Analisis citra (image analysis) tujuan menghitung besaran kuantitatif dari citra untuk menghasilkan deskripsinya. 
·     Rekontruksi citra (image reconstruction) tujuan membentuk ulang objek dari beberapa citra hasil proyeksi.


Bidang ilmu grafik kmputer dan pengolahan citra saat ini sangat cepat berkembang begitu juga pemanfaatannya, sehingga hal itu sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah pemanfaatan ilmu garfik komputer dan pengolahan citra serta implementasinya:

1.  Bidang Hiburan
Pada saat ini hampir semua acara hiburan di TV banyak menggunakan grafik komputer dan pengolahan citra. Mulai dari film kartun, iklan dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer. Grafik komputer dapat menghasilkan efek animasi film semakin baik dan menarik, contohnya : game, anime, dan film 3D.






2.  Bidang Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan  objek-objek secara nyata kepada siswa ataupun mahasiswa. seperti power point dan aplikasi lainnya. Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang, ruang, gambar susunan tubuh manusia, dsb.

3.  Bidang Perancangan (Computer Aided Design / CAD)
Pada bidang ini digunakan untuk merancang suatu desain dan model objek yang akan dibuat. Misalnya digunakan untuk mendesain suatu aritektur bangunan, desain kendaraan  dengan software tertentu seperti autocad, 3D max. dll.




      4.   Bidang Kedokteran
Pengolahan citra sinar X contohnya untuk medeteksi kanker (kanker otak, kanker payudara), mendeteksi retak/patah tulang dengan CT Scan, rekonstuksi foto janin (USG), dan sebagainya.
 


5.  Pada Virtual Reality
Semacam teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (Computer-Simulated Environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik.



Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar