Minggu, 30 Maret 2014

1.1 Latar Belakang

      Pendidikan adalah aset penting bagi kemajuan sebuah bangsa, oleh karena itu setiap warga Negara wajib mengikuti jenjang pendidikan, baik jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah maupun tinggi. Terutama pendidikan anak usia dini merupakan kesempatan emas karena pada usia ini anak memiliki kemampuan belajar yang luar biasa. Berdasarkan hasil penelitian sekitar 50% kapabilitas kecerdasan orang dewasa telah terjadi ketika
berumur 4 tahun. Sementara kesempatan emas ini hanya datang sekali maka dianjurkan para orang tua dapat memotivasi dan mengarahkan anaknya untuk menumbuhkan bakat dan minat.
Menyadari kesempatan emas tersebut serta melihat perkembangan penggunan teknologi Android semakin besar. Sebagaimana yang diberitakan melalui pembukaan acara Google I/O 2013 yang diselenggarakan di Moscone Center West, San Francisco, Google mengumumkan bahwa hingga saat ini tercatat ada 900 juta perangkat Android yang telah diaktifkan.
Salah satu penerapan Android yang cukup potensial adalah dibidang pendidikan. Berbagai bidang pendidikan yang ada saat ini, masih banyak menggunakan cara pembelajaran yang lama. Sehingga tidak jarang membuat peserta didik cepat jenuh, terutama pada anak-anak usia dini yang cenderung senang bermain dari pada belajar. Mereka senang dengan permainan di gadget tersebut, bahkan sebagian besarnya tidak memahami  isi dan perintah dari aplikasi itu.  
Atas dasar itulah, penulis berharap dapat membantu orang tua dalam mengenalkan huruf alfabet yang interaktif kepada anaknya melalui penggunaan perangkat mobile berbasis Android. Sehingga anak-anak mampu memahami huruf alfabet dengan mudah dan efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar