Senin, 09 Januari 2012

ILMU SOSIAL DASAR


ILMU SOSIAL DASAR

Yang dimaksud ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang mendalami ataupun mengkaji permasalahan sosial yang terjadi pada warga negara Indonesia khususnya.  Ilmu sosial dasar tidak berkaitan dengan ilmu sosial yang lain karena tidak dapat digabungkan dan tidak mengembangkan suatu penelitian apapun serta tidak ditunjang oleh konsep dan metode ilmiah sebagaimana ilmu sosial yang berkaitan.
Bertujuan untuk mengembangkan kepekaan dan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan disekitarnya serta memberikan bekal agar mampu memecahkan masalah-masalah sosial. Ilmu pengetahuan dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu : Ilmu alamiah (natural science), Ilmu social (social science), Ilmu budaya (the humanities).  Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial memiliki perbedaan dan persamaan, adapun perbedaannya adalah :
-          Ilmu Sosial Dasar merupakan ilmu yang diberikan pada saat jenjang di Perguruan Tinggi Negeri ataupun Swasta sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah.
-          Ilmu Sosial Dasar salah satu mata kuliah dasar umum yang tunggal sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan gabungan dari beberapa ilmu-ilmu sosial.
-          Ilmu Sosial Dasar bertujuan untuk memberikan bekal dan pembentukan sikap serta kepribadian yang luhur sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan untuk pembentukan keahlian dan pengetahuan serta kemampuan intelektual.
-          Kedua ilmu tersebut bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri.
-          Keduanya mempelajari dan menelaah aspek-aspek manusiawi dalam kehidupan bermasyarakat.
-          Materinya terdiri dari fakta, pandangan dan teori sosial serta masalah sosial.
-           Kedua ilmu ini digunakan untuk pendidikan dan pengajaran.
Bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar terbagi menjadi tiga golongan, yaitu : Kenyataan-kenyataan sosial yang terjadi dalam masyarakat, masalah-masalah sosial yang timbul dari lingkungan sekitar yang selalu berkaitan dengan kenyataan sosial, konsep-konsep sosial yang menyangkut kesatuan nasional dan keanekaragaman.


Sumber
Wardiyatmoko.2006.Geografi.Jakarta : Erlangga.
Thamiend R, Nio.2000.Sejarah.Jakarta : Yudhistira.
images.dwwahyu.multiply.multiplycontent.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar